Jumat, Juli 02, 2010

Anatomi dan fisiologis Jantung


Jantung adalah organ berongga, berotot, yang terletak ditengah toraks dan ia menempati rongga antara paru dan diagfragma. Beratnya sekitar 300 gr, meskipun berat dan ukurannya dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, berat badan, beratnya latihan dan kebiasaan fisik dan penyakit jantung.
Lapisan jantung terdiri dari Endokardium merupakan lapisan jantung bayang terdapat disebelah dalam sekali, miokardium merupakan lapisan inti dari jantung yang terdiri dari otot-otot jantng, pericardium merupakan lapisan jantung sebelah luar yang merupakan selaput pembungkus. 
Kamar jantung sisi kanan dan sisi kiri jantung masing-masing tersusun atas dua kamar, atrium dan ventrikel. Dinding yang memisahkan kamar kanan dan kiri disebut septum. Ventrikel adalah kamar yang menyemburkan darah ke ateri. Fungsi atrium adalah menampung darah yang datang dari vena dan bertindak sebagai tempat penimbun sementara sebelum darah kemudian dikosongkan ke ventrikel.
Katup jantung memungkinkan darah mengalir hanya satu arah dalam katup. Katup jantung tersusun atas bila-bila jaringan fibrosa, membuka dan menutup secara pasif sebagai respon terhadap perubahan tekanan dan aliran darah. Ada dua jenis katup yaitu : Atrioventrikularis dan Semilunaris.
Katup ventrikularis, katup yang memisahkan atrium dan ventrikel disebut sebagai katup atrioventrikularis. Katup trikuspidalis, dinamakan demikian atas tersusun atas tiga kuspis atau daun, memisahkan kanan dan ventrikel kanan. Katup mitral atau bikusidalis (dua kuspis) terletak di antara atrium dan ventrikel kiri.
Normalnya, ketika ventrikel berkontraksi, tekanan ventrikel akan mendorong daun-daun katup atrioventrikularis, keatas ke rongga atrium. Jika dapat tekanan ke belakang dari ventrikel ke atrium. Oto papilaris dan korda tendinea bertanggungjawab menjaga aliran darah tetap menuju ke satu arah melalui katup atrioventrikularis. Otot papilaris adalah bundle otot yang terletak disisi dinding ventrikuler korda tendenea adalah pita fibrosa yang memanjang dari otot papilaris ke tepi bilah katup, berfungsi menarik tepi bebas katup ke dinding ventrikel. Kontraksi otot papilaris mengakibatkan korda tendenea menjadi tegang. Hal ini menjaga daun katup menutup selama sistolik, mencegah aliran balik darah. Otot papilaris dan korda tendinea yang terdapat pada katup mitral dan trikuspidalis dan tidak terdapat dikatup semilunaris.
Katup semilunaris terletak diantara tiap ventrikel dan arteeri yang bersangkuta katup antara ventrikel kanan dan arteri pulmonalis disebut katup pulmonalis, katup antara ventrikel kiri dan aorta dinamakan katup aorta. Arteri koronia adalah pembuluh yang menyuplai otot jantung, yang mempunyai kebutuhan metabolisme tinggi terhadap oksigen dan nutrisi. Jantung menggunakan 70 % sampai dengan 80 % oksigen yang dihantarkan melalui arteri koronia. Sedangkan organ yang lain hanya menggunakan rata-rata seperempat oksigen yang dihantarkan. Ateri koronia muncul dari aorta dekat hulunya di ventrikel kiri. Dinding sisi kiri jantung disuplai dengan bagian yang lebih banyak melalui arteri koronaria utama kiri. Yang kemudian pecah menjadi dua cabang besar ke bawah (arteri desenden anterior sinistra) dan melintang (arteri sirkumpleksa) sisi kiri jantung. Janutng kanan dipasok seperti itu pula dari arteri koronia dextra. Tidak seperti arteri lain, arteri koronaria diperfusi selama diastolic (Brunner dan Suddarth, 2002 : 720).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar