Sabtu, Juli 03, 2010

Fungsi Jantung Secara Umum

1) Atrium
a) Atrium kanan berfungsio sebagai penampungan (reservoir) darah yang rendah oksigen dari seluruh tubuh. Darah tersebut mengalir melalui vena kava superior, vena kava inferior serta sinus konorius yang berasal dari jantung sendiri. Kemudian darah dipompakan ke ventyrikel kanan selanjutnya ke paru.
b) Atrium kiri menerima darah yang kaya okisigen dari kedua paru-paru melalui empat buah vena pulmonalis. Kemudian darah mengalir ke ventrikel kiri dan selanjutnya ke seluruh tubuh melalui aorta.
2) Ventrikel
a) Ventrikel kanan berfungsi menerima darah dari atrium kanan dan dipompakan melalui arteri pulmonalis.
b) Ventrikel kiri berfungsi menerima darah atrium kiri dan dipompakan ke seluruh tubuh melalui aorta.
3) Arteri
a) Arteri
Berfungsi untuk transportasi darah dengan tekanan yang tinggi ke jaringan-jaringan karena itu system arteri mempunyai dinding yang kuat dan darah mengalir dengan cepat menuju jaringan. Dinding aorta dan arteri relative mengandung banyak jaringan alastis. Dinding tersebut teregang waktu sistol dan mengadakan recoil pada saat diastole.
b) Arteriol
Adalah cabang-cabang paling ujung dari system arteri, berfungsi sebagai katup pengontrol untuk mengalirkan darah ke kapiler. Arteriol juga mempunyai dinding yang kuat. Arteriol mampu kontriksi / menjepit secara komplit atau dilatasi melebar sampai beberapa kali ukuran normal, sehingga dapat mengatur aliran darah ke kapiler. Dinding arteriol mengandung sedikit jaringan elastic dan lebih banyak oto polos. Otot ini dipersyarafi oleh serabut syaraf koligenik yang berfungsi vasodilatasi. Arteriol merupakan penentu utama resistensi / tahanan aliran darah, perubahan kecil pada diameternya menyebabkan perubahan yang besar terhadap resistensi perifer.
4) Kapiler
Berfungsi sebagai tempat pertukaran cairan dan nutrisi antara darah dan raung interstitial. Untuk peran ini kapiler dilengkapi dinding yang sangat tipis dan permeable terhadap substansi-substansi bermolekul halus
5) Venul
Dinding venul hanya sedikit lebih tebal daripada dinding kapiler. Venul berfungsi menampung darah darialiran kapiler dan secara bertashap bergabung ke dalam vena yang lebih besar.
6) Vena
Berfungsi sebagai transportasi darah dari jaringan kembali ke jantung. Karena tekanan dalam system vena rtendah (0 sampai dengan 5 mmHg), maka dinding vena tipis namun berotot dan ini memungkinkan vcena berkontraksi sehingga mempunyai kemampuan untuk menyimpan atau menampung darah sesuai kebutuahn tubuh (Heni Rokhaeni, 2001 : 9, 12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar